4 Cara Masuk ke cPanel dengan Mudah

Baca baik-baik isi email yang diberikan oleh perusahaan tempat anda menyewa jasa hosting dan domain. Biasanya, email yang diberikan tersebut sangat penting karena berisi nama domain anda, alamat IP address anda, juga username dan password yang akan anda gunakan untuk masuk ke dalam cpanel.

Cara Masuk ke cPanelCara masuk ke Cpanel:

a. Yang pertama harus anda lakukan adalah mengetikkan alamat berikut pada browser http://cpanel.namadomainmilikanda

b. Selanjutnya silakan login menggunakan username dan password sesuai dengan yang diberikan oleh perusahaan penyewa hosting dan domain pada email anda.

Bagaimana cara masuk ke cpanel jika nama server domain belum mengarah?

Jika anda menggunakan nama domain transfer atau order hosting saja, maka anda harus mengarahkan nama server domain sesuai dengan nama server pada email aktivasi. Namun untuk mengarahkan nama domain ke server membutuhkan waktu kurang lebih 6 jam, jadi anda harus sabar.

Cara masuk ke cpanel:

1. Anda dapat masuk melalui alamat cpanel
2. Anda dapat menggunakan port 2082 atau 2083
3. Anda juga dapat login menggunakan IP adress
4. Atau login melalui client are

Berikut penjelasan lebih detilnya:

Login melalui alamat cpanel

a. Silakan anda kunjungi alamat wesbite atau nama domain lalu menambahkan cpanel setelah menulis nama domain. Contohnya begini http://rumahkita.info/cpanel

b. Lalu masuk dengan menggunakan username dan password sesuai aktivasi lalu “klik login”. Jika anda lupa, maka anda dapat menggunakan alternativ lupa password cpanel atau menghubungi penyedia jasa web hosting dan domain yang anda gunakan.

c. Selesai

Login menggunakan Port 2082 dan Port 2083

1. Cara ini sebetunya tidak jauh berbeda dengan cara login melalui alamat cpanel, hanya saja alamat untuk login diubah dan ditambahkan dengan 2082. Contohnya http://rumahkita.info.2082

2. Jika perusahaan tempat anda menyewa jasa hosting dan domain memberi akses secure SSL maka anda bisa juga menggunakan port 2083. Contohnya https://rumahkita.info.20823

3. Perhatikan perbedaan antara port 2082 yang menggunakan http sedangkan port 2083 menggunakan https.

Login menggunakan IP Adress

Cara ini juga sama saja sebetunya dengan cara-cara di atas, hanya saja perbedaannya yang ini menggunakan alamat IP atau Ip Adress. Contoh alamat IP server anda adalah 20.20.20.20 maka anda hanya perlu login dengan cara ini:
a. http://20.20.20.20/cpanel
b. Atau http://20.20.20.20:2082
c. Atau https://20.20.20.20:2083

Login melalui Client Area

Bagi anda yang belum mengetahui apa itu client area? Client area adalah sebuah lokasi yang fungsinya untuk mengelola atau mengatur akun-akun hosting. Pengelolaan dan pengaturan ini meliputi mengubah alamat email, mengubah alamat billing, melihat jangka waktu hosting, dan sebagainya.

Alamat Client Area sangat bergantung pada pengaturan dari perusahaan penyedia layanan hosting dan domain yang anda pakai dan juga tergantung kepada aplikasi pengelolaan akun yang dipergunakan oleh pelanggan.

Client Area oleh perusahaan penyewa jasa hosting dan domain juga disebut Client Portal, Billing Portal, Billing Area, dan masih banyak nama lainnya.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Lakukan login terlebih dahulu ke Client Area anda.
2. Selanjutnya klik “service” lalu “my service”.
3. Klik “view detail” yang terdapat pada baris nama domain anda
4. Terakhir klik “login to cpanel”

Cara keluar dari cpanel:

Cara logout dari cpanel sangat mudah. Anda hanya perlu klik “logout” yang terdapat di bagian atas kanan. Selain cara itu, sebetunya jika anda tidak melakukan aktivitas apapun dalam cpanel selama 5 menit, biasanya akun cpanel anda akan dengan otomatis sendirinya keluar.

Author: 
    author

    Related Post

    Comments are closed.