4 Hal Yang Harus Diwaspadai Saat Musim Hujan Bagi Blogger


Indonesia sendiri merupakan daerah tropis yang memiliki 2 musim, yakni musim hujan dan musim kemarau. Prediksi bahwa musim hujan terjadi bulan Oktober hingga April kadang kala tidak sesuai karena berbagai pengaruh.

Dalam menghadapi pergantian musim, kita haruslah menyiapkan beberapa persiapan terutama saat menghadapi musim hujan karena di beberapa wilayah Indonesia sendiri seringkali diterjang banjir.

Lalu ada beberapa hal yang harus diwaspadai seorang blogger saat musim hujan, apa hubungannya blogger dengan musim hujan ya? Yuk kita simak apa saja yang perlu diwaspadai!

1. Atap yang bocor

Hal yang paling pertama harus kita waspadai adalah tempat dimana kita mengerjakan tulisan blog tersebut. Seringkali para blogger menggunakan perangkat seperti laptop, atau netbook dibandingkan dengan handphone karena lebih leluasa dan mudah.

Saat musim hujan dan terjadi kebocoran, bisa saja tetesan kebocoran air tersebut mengenai perangkat yang sedang kita gunakan.

Efeknya bukan hanya menganggu kita, namun bisa membuat kerusakan karena perangkat yang digunakan umumnya berbasis listrik dan efek kebocoran terhadap aliran listrik sangatlah berbahaya bahkan dapat menimbulkan kebakaran.

Maka dari itu saat datang hujan usahakan kita menulis blog ditempat yang aman dan nyaman.

2. Bahaya petir

Selain menghindari tempat yang beratap bocor, kita juga harus menghindari tempat yang beresiko terkena petir dengan frekuensi yang tinggi.

Frekuensi petir yang tinggi dapat berimbas pada arus listrik yang kita gunakan untuk men-charger laptop atau netbook yang kita gunakan, karena pada umumnya seorang blogger menulis dengan laptop yang sengaja di charger selama menulis tersebut.

Selain berdampak terhadap arus listrik, frekuensi petir yang tinggi dapat mengganggu koneksi internet seperti wifi sehingga mengganggu pekerjaan kita, terutama pada saat proses posting dan webwalking.

Untuk mengatasinya bisa dengan cara memilih tempat yang jauh dari tempat-tempat tinggi karena biasanya petir mengarah pada gedung-gedung tinggi.

3. Listrik padam

Pada musim hujan seringkali terjadi pemadaman listrik bergilir bagi beberapa wilayah maupun pemadaman listrik secara tiba-tiba. Hal ini dikarenakan takutnya terjadi kerusakan pada gardu listrik dan gangguan terhadap PLN akibat adanya petir yang berfrekuensi tinggi.

Dengan begitu, kegiatan para blogger akan terganggu, maka dari itu kita harus dapat mengatasinya. Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan cara kita menyimpan hasil tulisan kita secara rutin walaupun belum selesai mengerjakannya.

Agar saat terjadi pemadaman listrik kita tidak akan kehilangan filenya walaupun kadang perangkat kita mempunyai auto-save pada aplikasinya. Selain itu bisa dengan cara selalu menyiapkan laptop atau perangkat yang kita gunakan dengan keadaan baterai yang full-charge.

4. Menyesuaikan dengan lingkungan sekitar

Cara terakhir yang harus dilakukan oleh para blogger saat musim hujan datang adalah dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan setempat. Agar pekerjaan kita berjalan lancar dan nyaman kita harus pandai memilih tempat yang aman dari berbagai kemungkinan kendala yang datang.

Musim hujan tidak hanya membuat bangunan bocor, namun kadangkala juga menyebabkan terjadi banjir bahkan sampai dengan robohnya bangunan jika volume airnya terlalu besar.

Selama menulis, saat datang hujan kita harus selalu mengutamakan keselamatan kita sendiri. Jangan sampai kita lengah karena sedang menulis, lalu ada hal yang membahayakan diri kita sendiri.

Itulah beberapa hal yang harus diwaspai para blogger saat datang musim hujan, karena musim hujan sendiri dapat mempengaruhi pekerjaan kita sebagai blogger walaupun secara tidak langsung.

Author: 
    author

    Related Post

    Comments are closed.