5 Tips Membuat Konsep Judul Artikel Blog Untuk Menarik Visitor

LIMA Konsep Judul Artikel Blog Yg Mampu Menarik Perhatian PembacaLIMA Konsep Judul Artikel Blog Yg Mampu Menarik Perhatian Pembaca

Tak bisa dipungkiri kalau “judge book by the cover” pun sering dilakukan dalam postingan sebuah blog. Layaknya sebuah buku yang dinilai dari cover alias judul di sampulnya, sebuah blog juga seringkali dinilai dari judulnya. Kenapa? Ini karena judul artikel blog menjadi pintu gerbang yang paling mudah untuk menarik perhatian visitor agar mau mengklik link menuju blog kita.

Peran judul artikel blog yang besar ini membuat para blogger harus lihai dalam membuat konsep judul artikel blog yang mampu menarik perhatian pembaca. Nah, berikut ini terdapat beberapa tips untuk membuat konsep judul artikel blog untuk menarik visitor sehingga akhirnya dapat meningkatkan traffic blog Anda.

1. Judul dengan Muatan Pro dan Kontra

Judul yang memuat pro kontra atau konsep discussion text seringkali menarik perhatian visitor. Konsep judul ini terbilang mudah dan jelas untuk dibuat. Anda hanya perlu membuat perbandingan atau pertentangan pada dua hal atau lebih.

Misalnya saja, Anda bisa membandingkan dua produk atau layanan serta baik buruknya suatu aktivitas atau perbuatan. Ide pertentangan dan perbandingan ini dapat Anda lihat pada contoh berikut : “Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Self Hosting”, atau “Apple vs Samsung”, atau “Dampak Positif dan Negatif Tontonan Kartun Era 2015”.

2. Judul dengan Kata “Panduan”

Konsep judul dengan kata panduan atau procedure text, tentu digunakan untuk artikel yang isinya berhubungan dengan panduan, tips, tutorial atau cara. Karenanya, kata di dalam judul pun harus mengandung unsur sebuah instruksi atau prosedut yang sesuai dengan artikelnya.

Judul dengan kata panduan misalnya : “Panduan Lengkap Merawat Tanaman Bonsai”, atau “5 Tips Ampuh Menghadapi Anak yang Susah Makan”, atau “Cara Paling Mudah Menguasai Percakapan Bahasa Inggirs”.

3. Judul yang “Membuka” Rahasia

Psikologis pembaca Anda umumnya akan terpengaruh dengan kata “rahasia”. Rahasia membuat seseorang akan merasa penasaran kemudian membuka link tautan Anda untuk membaca postingan Anda dan mengetahui rahasia apa kira-kira yang ada di dalamnya.

Padahal, kata rahasia ini juga sering digunakan untuk artikel yang isinya bahkan tidak begitu memiliki sifat rahasia. Meski demikian, kata ‘rahasia’ ini memang seolah jadi kata sakti yang mampu mengundang perhatian. Namun, agar kualitas postingan Anda terjaga, jika Anda mengunakan kata rahasia, pastikan konten artikel Anda tidak mengecewakan pembaca.

Usahakan bahwa konten artikel Anda tetap koheren dengan judul artikel blog Anda. Konsep judul ‘rahasia’ ini merupakan bentuk explanation text. Dalam contoh misalnya “Rahasia Mencapai Skor TOEFL 600 dalam Satu Bulan”, atau “5 Rahasia Awet Muda Para Selebritis Dunia Akhirnya Terungkap”.

4. Judul dengan Kesan Humor dan Satir

Judul dengan kesan humor atau satir alias menyinggung juga efektif untuk menarik perhatian visitor untuk blog. Hanya saja, berhati-hatilah ketika membuat konsep judul seperti ini. Sesuaikan judul denagn target pembaca dan hindari segala hal berbau SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan).

Judul dengan konsep humor dan satir ini sering digunakan media massa untuk memancing pembaca agar larut dalam konten yang hendak dijabarkannya. Anda pun bisa menggunakan konsep ini untuk membuat judul artikel blog agar menarik visitor.

Contoh judul dengan kesan humor dan satir misalnya “Pengen Pintar? Berhentilah Membaca Buku Mulai Sekarang!”, atau “10 Alasan Mengapa Anda Harus Berhenti Mencintai Pasangan Anda”.

5. Konsep Judul Negasi

Konsep judul negasi menggiring pembaca dengan kalimat atau frasa yang sedikit bernada negatif. Frasa negatif ini lah yang digunakan untuk membangkitkan rasa penasaran pembaca. Anda perlu menghadirkan rasa tidak nyaman, takut dan tidak menyenangkan di awal, namun kemudian Anda menjelaskannya dengan konten artikel.

Contoh judul berkonsep negasi misalnya “Mengapa Strategi SEO adalah Hal yang Menjebak?” atau “10 Alasan Anda Akan Dipecat dari Kantor”.

Author: 
    author

    Related Post

    Comments are closed.