8 Cara Mendapatkan Uang Dari Envato – Daftar Menjadi Affiliate

Cara mendapatkan uang dari envato daftar menjadi affiliate login jualan apa itu upload graphicriver indonesia

Selain Clickbank adalagi marketplace dunia yang menjadi “pasar digital” karena menjual berbagai macam produk digital. Dialah Envato, perusahaan yang didirikan Collis Ta’eed, Cyan Ta’eed, dan Jun Rung di Australia pada tahun 2006.

Perusahaan IT yang memiliki anggota lebih dari 6 juta tersebut menjual produk digital sebanyak 9 juta lebih yang diproduksi para pengembang, ilustrator, desainer global, fotografer, dan produsen produk-produk digital.

Kehadiran Envato bagi para kreator desainer digital memberikan solusi tersendiri dari sisi pemasaran, karena mereka tidak lagi memikirkan sisi marketing dan hanya berkutat pada peningkatan kualitas produk.

Sementara untuk pemasaran ditangani sepenuhnya oleh Envato, tanpa melibatkan para desainer sedikitpun.

Dengan penanganan yang professional dari Envato, para desainer digital menjadi semakin berkembang dari sisi kreatifitas, produktifitas dan peningkatan kualitas, sehingga produk-produk yang dipasarkan melalui Envato pun semakin berkembang, baik dalam hal jenis, jumlah maupun kualitasnya.

Produk-produk digital yang dipasarkan melalui Envato tersebut diantaranya adalah: aplikasi (template web, PC Software, game, source code, dsb), desain (poster, logo, banner, flyer, dsb), audio, video, dan berbagai produk digital lainnya.

Cara mendapatkan uang dari envato dapat dilakukan dengan dua cara, dan keduanya baru bisa mendatangkan uang jika Anda terlebih dahulu melakukan pendaftaran pada situs www.envatomarketplaces.com. Kedua cara tersebut adalah dengan menjadi Exclusive Author dan Non Exclusive Author.

  • Exclusive Author adalah pembuat produk khusus untuk pasar Envato dan tidak menjualnya melalui marketplace yang lain. Komisi yang didapat Exclusive Author sebesar 50% – 70% dari harga jual produk.
  • Non Exclusive Author adalah pembuat produk yang dipasarkan tidak hanya melalui Envato tapi juga marketplace yang lain. Komisi yang diperoleh Non Exclusive Author sekitar 30% dari harga jual produk.

Envato menyediakan lahan yang luas bagi Exclusive Author maupun Non Exclusive Author, karena marketplace ini memiliki berbagai kategori produk digital yang dapat menampung kreatifitas dari para creator. Kategori tersebut diantaranya adalah:

  1. Audiojungle. Kategori ini member kesempatan kepada creator yang memiliki kemampuan contoh-contoh suara animasi, seperti suara robot, suara binatang, atau suara apapun yang ada di sekitar. Mereka yang memiliki kemampuan dalam bermusik dan berbagai jenis ketrampilan audio lainnya juga berkesempatan mengisi kategori ini.
  2. Videohive. Buat desainer yang pakar di bidang video editing dapat mengeksplorasi kemampuannya diu videohive.
  3. ThemeForest. Kategori ThemeForest diperuntukkan bagi desainer template situs, baik dalam bentuk HTML, Drupal, Joomla, WordPress serta yang lain.
  4. Graphicriver. Bagi yang memiliki keahlian di bidang desain grafis dan visual, Graphicriver dapat dijadikan lahan, karena kategori ini menjual produk ilustrasi, logo, ikon, dan sebagainya.
  5. Photodune. Inilah tempat yang cocok untuk para fotografer, karena hasil jepretan mereka yang berkualitas tinggi dapat dijual di Envato lewat kategoti Photodune.
  6. Codecanyon. Kategori ini merupakan wadah bagi programmer yang dapat menciptakan berbagai macam aplikasi untuk perangkat mobile.
  7. Activeden. Berbagai macam produk berjenis flash mulai dari GIF, Image Viewer, animasi hingga video flash dapat dijual lewat Envato pada kategori Activeden.
  8. 3Docen. Kategori ini merupakan tempat untuk berjualan objek-objek berbasis tida dimensi atau desain grafis 3D.

Selain menjadi Exclusive Author dan Non Exclusive Author, cara lain untuk menghasilkan uang melalui Envato adalah dengan menjadi Affiliate. Berbeda dengan dua jenis keanggotaan yang lain, seorang affiliate tidak dituntut untuk membuat produk, melainkan membantu Envato menjual produk-produknya.

Untuk dapat menjual produk-produk tersebut, seorang affiliate dapat mengcopy link dari setiap produk yang dijual yang telah dilengkapi dengan kode tertentu.

Link produk yang disertai kode tertentu tersebut selanjutnya dapat dipromosikan dengan berbagai macam cara, seperti melalui blog/website, forum, sosial media, email marketing, dan cara-cara yang lain.

Jika produk yang dipromosikan tersebut berhasil terjual, seorang affiliate akan menerima imbalan sebesar 30% dari harga produk.

Untuk penarikan uang, baik yang diperoleh dari membuat produk maupun dari menjualkan produk, Envato hanya melayani pembayaran lewat Ecurrency, yaitu Paypal, Payza, Alertpay dan Payoneer.

Karena itu, sebelum memutuskan untuk bergabung ke dalam Envato, pastikan Anda telah memiliki salah satu dari empat rekening pembayaran online tersebut.

Author: 
    author

    Related Post

    Comments are closed.