Coba Ikuti 5 Cara Ini Jika Kehabisan Ide Ngeblog

Para penulis blog atau yang dikenal dengan sebutan blogger tentunya harus selalu mengisi berbagai konten dengan artikel baru setiap harinya untuk meng-update blog tersebut agar tetap diminati para reader.

Apalagi bagi mereka yang memang bekerja baik fulltime maupun partime sebagai penulis, memperbaharui blog dengan ide-ide baru setiap harinya merupakan keharusan.

Namun bagaimana jika kita sebagai penulis kehabisan ide? jangan sangka jika penulis selalu mempunyai ide baru, kadang kala mereka juga kesulitan untuk membuat artikel jika kehabisan bahan tulisan.

Nah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan saat kehabisan ide, yaitu dengan menggunakan artikel berupa berita untuk mengisi blog.

Artikel berita sendiri tidak sulit didapat, karena setiap harinya kita dapat menemukan berbagai berita dari mana saja, serta berita tidak akan selalu baru setiap harinya dan berikut cara mendapatkan berita.

1. Menonton berita di tv

Cara yang pertama adalah dengan menonton tv, di jaman modern ini sekarang sudah serba praktis. Mau mencari berita tidak perlu keluar rumah cukup duduk santai menonton tv karena sekarang sudah banyak stasiun televisi yang menayangkan berita setiap harinya, baik berita lokal maupun internasional.

2. Mengakses berita lewat dunia maya

Jika pada cara pertama kita belum menemukan berita yang sesuai dengan topik blog kita, ada cara lain yaitu dengan mengaksesnya lewat dunia maya.

Sekarang ini banyak situs berita online yang memudahkan kita tanpa harus menonton tv tanpa harus menyesuaikan jam tayangnya, tidak sedikit juga stasiun televisi yang mempunya situs berita online sendiri.

Dengan cara ini, kita lebih mudah untuk mencari berita yang sesuai dengan topik blog kita, karena umumnya dalam situs berita online berita yang disajikan lebih banyak dan lengkap dibandingkan dengan siaran pada televisi.

3. Menjelajah blog atau blogwalking

Selain dengan mengakses berita lewat situs berita online, dengan menggunakan internet kita pun dapat menggunakannya untuk blogwalking. Sekarang ini sudah banyak jenis blog yang bisa kita temukan.

Dengan menggunakan cara ini kemungkinan besar kita dapat menemukan ide dari beberapa blog yang sesuai dengan topik yang kita inginkan.

Dalam blogwalking ini kita bisa mengambil beberapa point lalu kita kembangkan kembali dengan ide-ide baru kita atau dengan me-rewrite. Dalam dunia blogger hal yang paling penting adalah kita jangan asal menyalin berita dari orang lain.

4. Menggunakan Trending Topic sebagai bahan pencarian

Media sosial saat ini merupakan pengaruh terbesar bagi kita, hampir semua orang dapat menuliskan apapun dan kapanpun dalam akun media sosial miliknya. Tak jarang mereka yang mempublish dengan sengaja agar diketahui oleh orang banyak, maka dari itu munculah istilah “trending topic”.

Seperti pada jejaring sosial twitter, line atau lainnya kita bisa menemukan trending topic dengan menggunakan hashtag berupa tanda pagar “ # “.

Guna hashtag tersebut kita bisa menemukan berita apa yang sedang hangat dibicarakan oleh orang banyak, misalnya dengan mencari hashtag #PONjabar maka kita akan menemukan banyak berita mengenai PON. Dengan begitu kita akan dapat berita untuk menulis blog kita sendiri.

5. Mencari berita diluar rumah

Nah cara yang terakhir bila kamu belum juga menemukan ide adalah dengan mencari berita diluar rumah sendiri layaknya seorang wartawan.

Bagi yang suka berpetualang hal ini akan menjadi sesuatu yang menyenangkan, selain akan mendapat berita untuk bahan tulisan blog kalian juga akan mendapatkan pengalaman dan cerita tersendiri.

Dengan mencari berita secara langsung, ini akan membuat hasil tulisan blog kalian menjadi lebih orisinil karena data yang diperoleh adalah hasil penglihatan dan pengalaman kita sendiri.

Author: 
    author

    Related Post

    Comments are closed.