Daftar REKOMENDASI Web Hosting Indonesia Terbaik Harga Murah

INTERNET semakin marak digunakan saat sekarang. Semua aktivitas kehidupan sudah memerlukan jasa internet. Ini yang membuat kebutuhan hosting di internet semakin banyak dibutuhkan. Hosting merupakan tempat kita melakukan usaha di dunia digital. Hosting ibaratnya menjadi office space kita di dunia nyata.

Daftar REKOMENDASI Web Hosting Indonesia Terbaik Harga MurahHosting perlu dilakukan agar bisnis di dunia maya ini dapat diakses melalui jaringan internet, atau WWW (world wide web). Peluang bisnis hosting ini pun saat sekarang semakin terbuka. Orang membutuhkan hosting dan domain untuk membikin website seperti toko Online, blog, dan website promosi. Bisnis hosting adalah bisnis online yang menyediakan ruang pada server kepada individu atau perusahaan untuk menyimpan website.

Ketika memulai bisnis hosting saat ini, pada awalnya kita tidak harus menyediakan server sendiri. Cukup menjadi reseller hosting, atau agen penjual hosting saja dahulu. Reseller hosting adalah agen penjual hosting yang menjual kembali hosting dari provider webhosting ke pihak lain. Reseller hosting akan memecah hosting menjadi kapasitas yang lebih kecil lagi untuk dijual ke pelanggannya. Dari sinilah bisnis dimulai.

Saat ini pasar bisnis hosting semakin meluas. Persaingan di antara perusahaan hosting ini pun sangat ketat. Banyak perusahaan hosting yang menawarkan jasanya dengan harga murah, dan tawaran fasilitas layanan terbaik kepada calon konsumen. Ada yang berbayar murah, bahkan ada pula yang gratisan.

Anda tinggal memilih perusahaan mana yang paling menguntungkan. Namun, para pengguna layanan hosting harus tetap waspada. Jangan tergiur dengan harga murah saja, sementara begitu ada masalah tidak segera terselesaikan. Pilih penyedia webhosting yang Anda yakini tidak menjadi bagian dari persoalan nantinya.

Beberapa tips di bawah ini perlu diperhatikan saat memilih sebuah webhosting.

1. Support Layanan 24 jam. Pilih perusahaan yang memiliki layanan support 24 jam. Ini bermanfaat ketika hosting sedang down atau perlu maintenance segera bisa tertangani. Carilah perusahaan yang cutomer service- nya mudah dikontak. Kalau perlu mintalah kontak e-mail, WA/SMS, japri, atau kontak hotline lain. Kecuali kita memiliki tim IT yang bisa menyelesaikan hal-hal kecil dalam sistem. Sebagai klien ini adalah hak yang menjadi milik kita, mendapatkan layanan customer service.

2. Pelajari Reputasi Perusahaan. Cari informasi sebanyak mungkin reputasi perusahaan hosting yang akan diajak kerjasama. Lihat feedback dari para klien dan reseller lainnya. Cermati cara mereka menjawabnya dan menyelesaikan persolalan. Profesionalitas perusahaan tersebut bisa dilihat bagaimana mereka me-manage klien dan juga reseller. Lihat komentar mereka dan cara mereka menanggapinya. Hal ini diperlukan untuk keamanan dan kenyamanan bisnis kita. Lihat juga bagaimana mereka mempromokan diri. Promosi kadang dilakukan melalui forum-forum atau memasang iklan di website atau blog yang ramai dikunjungi pengunjung.

3. Biaya dan kapasitas hosting. Perhatikan juga biaya-biaya yang keluar dan kapasitas yang didapatkan jika menjadi reseller perusahaan tersebut. Apa sajakah yang didapatkan dengan layanan paket tersebut? Adakah biaya-biaya lain yang harus dikeluarkan di luar yang tertulis dalam paket yang ditawarkan?. Harga yang ditawarkan murah, namun ketika terbebani pada sisi lainnya akan membuatnya menjadi mahal. Perjelas dalam aturan tertulis sebelum ditetapkan sebagai mitra kerjasama.

4. Keamanan hosting. Saat sekarang ini, tingkat kejahatan di internet semakin marak. Oleh karena itu perlu diperhatikan tingkat keamanan data dari klien. Apakah data-data Anda aman ketika dikelola hosting-nya di perusahaan itu?

5. Lokasi Server. Sebaiknya server usahakan berada di dekat tempat bisnis Anda karena untuk kemudahan dalam akses. Kadangkala website mengalami kendala bila di akses dari luar Indonesia. Hal ini bisa terjadi karena kendala masih lemahnya infrastruktur di Indonesia. Untuk perusahaan di Indonesia akan lebih menguntungkan bila server berada di Singapura atau di Indonesia. Standar CS di negara Singapura lebih tinggi.

6. Uptime Guarantee. Perusahaan hosting akan memberikan kualitas koneksi yang baik kepada klien. Biasanya mereka berani memberikan uptime guarantee. Sebaiknya hal ini termasuk yang dipertimbangkan sebagai negosiasi.

7. Fasilitas yang Dijanjikan. Cermati fasilitas apa saja yang akan Anda peroleh bila menjadi klien-nya. Fasilitas minimal yang perlu diperhatikan adalah kapastitas hosting yang ditawarkan, keamanan hosting, bagaimana data-data dapat ditransfer dari website Anda, tools apa yang digunakan untuk membangun website, bantuan teknis saat ada masalah, layanan costumer service, perbandingan harga yang diberikan dibandingkan fasilitas dan pelayanan yang ditawarkan, sesuaikah dengan fitur yang ditawarkan dengan kebutuhkan website Anda, serta jaminan kelangsungan produk jasa.

Begitu kita punya pilihan perusahaan hosting yang tepat, maka kita tinggal memilih perusahaan hosting mana yang banyak memberikan keuntungan lebih. Segera tentukan pilihan, dan mulailah berbisnis. Ini langkah awal kita berbisnis di dunia maya. Semakin kita menunda maka peluang akan semakin menghilang. Selamat datang di fenomena bisnis dunia maya.

Author: 
    author

    Related Post

    Comments are closed.