Host Adalah? Simak Juga Cara Memilih dan Menyewa Hosting

Pengertian host adalah tempat penyewaan untuk menampung berbagai data yang dibutuhkan oleh website sehingga dapat secara langsung diakses dalam jaringan internet. Data-data tersebut meliputi database, teks, gambar, video, audio, aplikasi, program, script, dan sebagainya.

Host AdalahBerikut kami berikan gambaran berupa analogi agar anda mudah memahami mengenai pengertian host. Sebuah website dapat kita umpamakan sebagai sebuah toko atau kios di dalam mall besar. Pihak manajemen mall tentu akan melakukan proses penyewaan ruangan, infrastruktur, telepon, listrik, serta fasilitas lainnya untuk memberikan kemudahan serta kenyamanan bagi penyewa toko atau kios tersebut.

Nah, setiap toko atau kios tersebut tentu memiliki manajemen pengelolaan yang berbeda, misalkan saja dari segi kapasitasnya, hal ini bergantung pada harga sewa masing-masing kios. Gedung mall tersebut kita umpamakan sebagai server yang ditempati oleh banyak orang. Setiap orang atau pemilik kios tersebut tentu memilik batasan dalam penggunaan ruangan itu artinya setiap pelanggan mempunyai batasan untuk mengoperasikan wesbitenya masing-masing.

Lebih lanjut mengenai host, hosti adalah sebuah jasa di internet untuk membuat halaman website sehingga dapat diakses oleh orang lain. Hosting juga dapat diartikan sebagai layanan di internet yang menyediakan server-server untuk disewakan kepada perorangan atau kelompok sehingga mereka dapat dengan mudah memasukkan informasi ke internet dengan data yang berupa HTTP, FTP, DNS, dan Email.

Server hosting ini biasanya terdiri dari sebuah server atau gabungan dari server-server yang dalam jaringan internet dengan kecepatan yang tinggi.

Sangat penting bagi seorang blogger untuk memilik hosting karena dengan memiliki hosting anda dapat mempublikasikan berbagai tulisan atau apapun yang anda buat di internet sehingga dapat dilihat banyak orang. Lalu bagaimana cara memilih jasa web hosting agar tidak keliru? Berikut langkah-langkah yang harus anda perhatikan:

a. Saat akan memilih hosting jangan lupa untuk menyesuaikan dengan kebutuhan terhadap space dan juga bandwith. Jika anda rajin menulis atau memposting apapun, maka akan semakin banyak anda membutuhkan space untuk website anda. selain itu, jika pengunjung pada website anda juga banyak maka anda juga membutuhkan bandwith yang besar. Hal ini untuk menghindari terjadinya over load saat para pengunjung secara bersama-sama mengakses website anda.

b. Anda juga harus jeli dalam memperhatikan layanan serta fitur dimana anda menghosting blog atau website. Ini dapat mencakup software apapun yang terdapat pada hosting.

c. Penting untuk memperhatikan target pembaca pada website anda. apabila anda hanya menargetkan pembaca dari dalam negeri saja, akan lebih baik jika anda menggunakan server lokal untuk menghemat bandwith anda namun jika anda mempunyai target pembaca website anda secara global maka akan lebih baik untuk menggunakan server dari luar negeri, misalnya dari Amerika.

d. Anda juga perlu untuk menekan biaya penyewaan server hosting. Cobalah untuk melakukan konsultasi kepada yang lebih berpengalaman mengenai kebutuhan akan website anda, supaya anda tidak mengalami kerugian dalam penyewaan server tersebut.

Selanjutnya, bagaimana cara menyewa web hosting?

1. Sebelum anda melakukan penyewaan web hosting, ada baiknya untuk mencari tahu terlebih dahulu mengenai hoting apa saja yang ada di Indonesia.

2. Jika anda telah memilih hosting mana yang cocok untuk website anda, maka langkah selanjutnya adalah silakan masuk ke halaman hosting tersebut dan klik “registrasi” pada bagian halaman utamanya.

3. Pilih nama domain yang sesuai dengan keinginan anda.

4. Langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran.

5. Jika sudah, maka anda akan mendapatkan email balasan dari perusahaan hosting berupa username dan password.

6. Selesai.

Author: 
    author

    Related Post

    Comments are closed.