Jenis Jenis Domain dan Kegunaannya

Jenis Jenis Domain dan Kegunaannya
Domain atau nama domain merupakan nama unik untuk mengidentifikasi sebuah nama web server pada jaringan internet. Nama domain memiliki kegunaan untuk memudahkan setiap pengguna internet ketika mengakses sebuah server memakai web browser di perangkat komputer miliknya.

Nama domain dikenal juga sebagai bentuk kesatuan sebuah situs, dengan contoh seperti yahoo.com. Nama domain terkadang juga dibilang sebagai sebuah URL, dalam artian alamat website. Untuk membuat sebuah website sendiri, biasanya web tersebut memiliki domain dan hosting. Domain dan hosting merupakan satu kesatuan yang memang tak bisa dipisahkan dalam pembuatan website.

Jenis-jenis domain sendiri sebenarnya ada 2 macam, yakni Country Specific Top Level Domain (ccTLDs) dan Top Level Domain (TLD). Untuk TLD sendiri berarti sebuah nama domain level atas yang penggunaannya lebih bersifat umum. Biasanya penggunaan TLD sendiri untuk dijadikan nama domain pada sebuah situs web tidak membutuhkan izin secara khusus.

Adapun beberapa contoh TLD yang biasanya banyak digunakan adalah .biz, .info, .com, .net, .us, dan .org. Sementara penggunaan ccTLDs sendiri dapat digunakan apabila web tersebut telah mempunyai izin untuk menggunakannya. Biasanya di Indonesia sendiri, ccTLDs memiliki ekstensi .id. Untuk macam-macam domain TLD ini biasanya memiliki kegunaannya sendiri-sendiri, seperti di bawah ini :

• .gov, umumnya digunakan pada sebuah situs pemerintahan
• .edu, umumnya digunakan pada sebuah situs institusi pendidikan
• .org, umumnya digunakan pada sebuah situs bersifat organisasi atau berupa kegiatan non profit
• .net, umumnya digunakan pada sebuah situs organisasi Networks
• .mil, umumnya digunakan pada sebuah situs yang berkaitan dengan bidang militer
• .name, umumnya digunakan pada sebuah situs keluarga atau personal
• .tv, umumnya digunakan untuk sebuah situs pertelevisian
• .biz, umumnya digunakan untuk keperluan berbisnis
• .info, umumnya digunakan pada website dengan kepentingan informasi
• .travel, umumnya digunakan untuk situs pariwisata

Adapun jenis-jenis domain di Indonesia yang biasanya digunakan dengan kegunaannya masing-masing, berikut di bawah ini :

1. .co.id

Nama domain untuk ekstensi .co.id umumnya digunakan dalam web perusahaan swasta dengan berbadan hukum secara legal. Adapun persyaratan untuk melakukan registrasi website dengan domain .co.id ini antara lain surat hak paten atau pendaftaran merk, NPWP, KTP dan SIUP.

Surat hak paten atau pendaftaran merek ini biasanya digunakan apabila web tersebut untuk penjualan produk dengan produksi sendiri. Domain yang satu ini umumnya diberikan pada perusahaan yang telah terdaftar di Indonesia dengan tagihan per tahunnya sebesar Rp. 100.000,-

2. .go.id

.go.id merupakan domain untuk instansi pemerintahan, biasanya dipakai institusi ppemerintahan secara resmi. Adapun persyaratan untuk registrasi nama domain dengan ekstensi .go.id ini yaitu berupa SK kepala instansi, struktur ogrnisasi instansi pembuat website berikut nama instansi yang akan dijadikan nama domainnya.

3. .web.id

.web.id merupakan nama domain yang digunakan oleh perseorangan, badan usaha atau organisasi untuk melakukan aktivitasnya pada sebuah website. Untuk melakukan pendaftaran nama domain .web.id ini adalah Akta pendirian, SIUP, TDUP, TDP, KTP dan NPWP. Adapun biaya tahunan yang dikenakan bagi pemilik web ini adalah sekitar 25.000 rupiah.

4. .ac.id

Untuk domain .ac.id ini biasanya diberikan untuk lembaga pendidikan yang levelnya tinggi dengan jenjang pendidikan D1 minimal. Di mana, pendaftar harus termasuk ke dalam pihak dari pendidikan tinggi tersebut. Adapun biaya yang dikenakan per tahun untuk domain ini adalah Rp.50.000,-

Ya, demikianlah jenis-jenis domain di Indonesia berikut kegunaannya untuk Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Author: 
    author

    Related Post

    Comments are closed.