Mau Jadi Penulis Tamu / Guest Blogger? Yuk Pahami Dulu 5 Prosedur ini

Guest Blogger atau penulis tamu sendiri merupakan orang yang memposting tulisannya di blog lain. Dengan menjadi Guest Blogger itu tentunya akan membuat nama kita semakin dikenal dan popular, selain itu dapat menjadi tolak ukur sejauh mana keterampilan kita dalam menulis dan mempengaruhi pembaca blog lainnya.

Guest Blogger di Indonesia sendiri telah banyak dibuka oleh para pemilik blog, dengan begitu kita yang mau mencoba sebagai penulis tamu tidak susah lho mencari lowongannya.

Namun, guest blogger sendiri sempat menjadi pro kontra terhadapat backlink yang kita dapat dari aktivitas tersebut. Lalu apa sajakah yang harus dipahami sebelum kita menjadi guest blogger? Yuk kita simak!

1. Mempunyai kepercayaan diri yang tinggi

Bagi seorang penulis, modal percaya diri merupakan hal terpenting, karena untuk apa jika kita mempunyai kemahiran dalam menulis namun tidak percaya diri untuk mem-posting hasil tulisan kita tersebut?

Untuk menjadi seorang guest blogger sendiri kita harus mempunyai kepercayaan diri yang tinggi dalam mengirimkan artikel hasil tulisan kita tersebut, jangan takut ditolak.

Jika kita belum yakin dengan artikel yang kita buat ada baiknya kita mengecek kembali sebelum mengirimkan artikel tersebut terhadap pemilik blog lain.

Apalagi jika blog tersebut merupakan blog besar yang popular, dalam membuat artikel kita haruslah percaya diri dan yakin bahwa artikel yang kita buat layak dibaca dan akan menjadi sesuatu yang menarik.

2. Blogwalking untuk mencari target

Setelah kita membuat artikel yang akan kita kirimkan pada blog lain, langkah selanjutnya adalah kita mencari blog mana yang akan kita jadikan target. Biasanya orang lebih tertarik dengan blog yang sudah popular karena akan memberikan banyak keuntungan terhadap si guest blogger tersebut.

Manfaatnya kita bisa menjalin kerjasama dan mendapatkan backlink, namun ada beberapa juga yang menwarkan berupa fee (uang) atau branding.

Tetapi kita tidak boleh tertarik akan hal tersebut, kita haruslah mampu menyesuaikan blog mana yang cocok dengan isi artikel kita dan kita harus terfokus dengan tujuan yang akan kita capai.

3. Pahami ketentuan menjadi Guest Blogger tersebut

Sebelum kita mengirimkan hasil tulisan, kita harus membaca berbagai ketentuan yang dituliskan untuk menjadi guest blogger dalam blog orang tersebut, baca dengan baik dan seksama.

Setiap blog yang menyediakan tempat untuk penulis tamu tentunya akan mempunyai ketentuan yang berbeda beda dengan tempat lainnya, maka dari itu kita harus bisa mengikuti ketentuan tersebut agar kita dapat diterima di blog orang tersebut.

4. Artikel haruslah Original

Seorang penulis sangatlah diwajibkan untuk memberikan artikel yang original alias tidak copy paste dari sumber manapun.

Walaupun dalam ketentuan guest blogger tersebut tidak dicantumkan, namun anda tetap tidak boleh mengirimkan hasil tulisan yang tidak terjamin ke-orisinilannya karena anda akan langsung ditolak untuk menjadi guest blogger dalam blog tersebut.

Untuk memeriksa kata-kata yang terdeteksi copy paste dalam sebuah artikel, kita bisa mendeteksinya lewat smartseotools.org jadi kita bisa mengeditnya dahulu jika ada kata yang terdeteksi copy paste sebelum kita kirimkan artikel tersebut.

Dan jangan lupa untuk memberikan keterangan atau url pada foto yang kita cantumkan dalam artikel yang kita buat.

5. Mengirimkan hasil tulisan

Yap! Yang terakhir adalah mengirimkan hasil tulisan kita pada pemilik blog tersebut setelah kita melakukan keempat hal diatas dengan baik dan benar. Dalam mengirimkan artikel tersebut biasanya dikirim lewat email ataupun kontak lainnya tergantung permintaan pemilik blog tersebut.

Saat mengirimkan artikel jangan lupa cantumkan nama dan url blog kita agar kita bisa mendapatkan manfaatnya dari menjadi guest blogger tersebut.

Setelah mengirimkan kita tinggal menunggu kabar, dan tidak jarang juga pemilik blog meminta kita mengedit kembali artikel yang telah kita kirimkan agar semakin sesuai dengan keinginan pemilik blog tersebut.

Author: 
    author

    Related Post

    Comments are closed.