Rahasia Melakukan Hypnotic Writing, Menghipnotis Pembaca dengan Teknik Penulisan Persuasif

Hypnotic Writing, Menghipnotis Pembaca Melalui Teknik Penulisan Yg PersuasifHypnotic Writing, Menghipnotis Pembaca Melalui Teknik Penulisan Yg Persuasif

Tahukah Anda kalau sebuah tulisan yang baik dapat menjadi sarana bagi si penulis untuk berinteraksi dengan pembacanya? Menulis memang bisa jadi tempat untuk meluapkan ide di dalam pikiran dan dari perasaan. Ketika Anda menulis dengan baik, tulisan itu pun bisa sampai dengan baik pula kepada pada pembacanya.

Tulisan yang baik bahkan bisa membuat pembacanya enggan untuk meninggalkan bacaan tersebut sebelum menyelesaikan bacaannya. Ya, sebuah tulisan bisa saja menghipnotis para pembacanya sehingga para pembaca bisa larut dan ikut terpengaruh pada alur tulisan tersebut.

Namun, tidak mudah untuk membuat tulisan yang demikian piawai dalam menghipnotis pembacanya. Untuk dapat melakukannya, Anda butuh pengetahuan khusus tentang teknik penulisan yang biasa disebut seabgai hypnotic writing.

A. Apa itu Hypnotic Writing?

Hypnotic sering digunakan untuk menyebut suatu perilaku persuasif yang dapat mempengaruhi seseorang atau sekelompok orang sehingga mereka tidak sadar sedang berada di bawah pengaruh pihak tertentu.

Begitu pun dengan definisi hypnotic writing yang dapat diartikan dengan hal serupa. Hanya saja, hypnotic writing dilakukan dengan media tulisan. Tentu saja, hypnotic writing ini adalah suatu hal yang berkonotasi positif karena dilakukan secara efektif dan bertanggung jawab dab bukannya sebagai tindakan yang mengarah pada kejahatan.

Hypnotic writing menjadi teknik yang mengandalkan pemilihan kata yang digunakan secara sengaja untuk mengarahkan pembaca pada maksud tertentu. Teknik hypnotic writing ini biasanya digunakan pada dunia bisnis dengan tujuan untuk mengarahkan ketertarikan seseorang akan suatu produk atau jasa tertentu sehingga menghasilkan penjualan yang tinggi.

B. Keunikan Hypnotic Writing

Teknik hypnotic writing mengacu pada pemilihan kata yang dapat mengarahkan seseorang masuk pada situasi ingin membeli atau mencoba suatu produk atau jasa yang ditawarkan. Kalau dilihat dari kaca mata ilmiah, hypnotic writing menjadi sebuah teknik pemilihan kata yang mampu memicu sekresi hormon endorfin dan serotonin yang ada di dalam tubuh.

Sekresi dari kedua jenis hormon inilah yang kemudian menimbulkan efek perasaan senang pada seseorang. Efek rasa senang dan tertarik ini kemudian membuat seseorang tergerak untuk melakukan atau mencoba hal yang dijelaskan pada tulisan yang dibacanya. Bukankah ini adalah teknik yang menakjubkan?

Meski hebat, tak semua orang bisa melakkannya. Teknik hypnotic writing dapat dilakukan ketika Anda mampu memahami niat dan esensi tulisan yang dibuat. Kemudian, Anda perlu menerjemahkan maksud tersebut dalam bentuk tulisan yang praktis tapi powerful.

Terdengar rumit memang. Karenanya, untuk dapat mahir hypnotic writing, Anda perlu banyak berlatih. Langkah pertama, Anda perlu mempelajari suatu produk atau jasa yang hendak didiskripsikan. Letupkan inspirasi dari produk tersebut lalu kreasikan dalam bentuk tulisan yang terarah. Setelah selesai, Anda wajib untuk melakukan review dari tulisan tersebut.

C. Hal Penting dalam Hypnotic Writing

Yang perlu Anda perhatikan dari teknik Hypnotic writing adalah kejujuran. Hypnotic writing memang bertujuan untuk sebisa munkin menarik minat dari para pembacanya, tapi bukan berarti Anda bisa bebas ‘berbohong’ mengenai produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Di sinilah letak pentingnya untuk menguasai produk atau jasa yang Anda deskripsikan. Kualitas produk dan jasa harus disampaikan secara jujur. Selain memperhatikan kualitas dari produk yang Anda sampaikan, target pembaca pun juga harus Anda perhatikan.

Karakter pembaca dan bahasa yang digunakan juga sangat mempengaruhi tingkat kesuksesan dari praktek hypnotic writing. Maksud atau tujuan tulisan Anda tentu tidak dapat tersampaikan bila bahasa tulisan Anda tidak dikenali oleh si pembaca bukan?

Author: 
    author

    Related Post

    Comments are closed.