Tips Membuat Website Pendidikan Sendiri Dengan CMS Joomla

Website pendidikanSeiring dengan perkembangan teknologi, kegunaan website saat ini sudah semakin maju dan meningkat. Seperti kita ketahui, website memiliki banyak peranan dan fungsi yang amat penting. Kini website bukan lagi ajang untuk jejaring sosial saja, bahkan perusahaan hingga sekolah pun membutuhkan yang namanya website.

Seperti website yang akan kami bahas di sini, yakni website atau situs pendidikan. Kali ini, kita akan mencoba untuk membuat sebuah website dengan konten pendidikan melalui Joomla.

Sebelum beranjak ke pembahasan berikutnya, terlebih dahulu kita bahas mengenai Joomla. Apa itu yang dinamakan Joomla? Ya, Joomla merupakan sejenis aplikasi pembuat web dengan basis CMS dengan sistem penggunaannya yang lebih terbuka. Untuk mengoperasikan Joomla ini, maka Anda harus menguasai yang namanya program MySQL dan PHP yang bisa digunakan untuk kebutuhan intranet maupun internet.

Apa keuntungan dari Joomla dibandingkan CMS lainnya? Ya, Joomla memiliki sejumlah keuntungan dimana melalui CMS inilah Anda dapat mengelola situs ataupun website yang dimiliki dengan cepat.

Joomla sebagai aplikasi pembuat website yang dgunakan memiliki banyak keunggulan. Dimana, Joomla lebih cepat dan mudah ketika diinstal, secara online maupun offline. Pembuata website dengan Joomla ini tergolong lebih mudah. Selain itu, Anda juga bisa mengelola website tanpa kesulitan.

Pada Joomla, Anda bisa dengan mudah mengganti template, baik yang berbayar maupun yang gratis. Untuk fitur sendiri, anda bisa menambahkannya dengan plugin dan juga komponen. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa mengelola konten dengan begitu cepat dan mudah sesuai kebutuhan.

Adapun hal-hal yang perlu Anda lakukan jika ingin membuat website dengan joomla adalah menyediakan perlengkapannya terlebih dahulu, seperti laptop, web server XAMPP, dan CMS Joomla. Jika Anda sudah mendownload XAMPP lalu instal, kemudian download aplikasi CMS Joomla.

Setelah itu, Anda bisa memindahkan folder dalam bentuk .zip menuju folder C:/ – XAMPP – htdoc setelah itu Anda membuat folder baru untuk Joomla dengan nama yang Anda inginkan. Lalu ekstrak folder berbentuk .zip tadi pada folder Joomla.

Jika Anda sudah membuat folder baru untuk Joomla, langkah selanjutnya tinggal melakukan instalasi Joomla. Anda bisa melajukan browsing lalu ketik joomla atau localhost di bagian address bar pada browser Anda. Sehingga akan muncul menu yang berisi pengaturan, database dan ikhtisar. Pertama atur bahasa yang Anda inginkan dengan klik “next” atau “berikutnya”.

Kemudian menuju konfigurasi database dengan membuka halaman browser sebelumnya untuk instalasi. Setelah itu, isi data-data yang ada seperti bahasa, deskripsi, admin email, dan lain sebagainya. Jika sudah diisi, selanjutnya klik “next” jika semua data telah terkonfigurasi maka selanjutnya Anda masuk ke menu finalisasi dan lanjutkan klik “install” dengan demikian CMS Joomla pun akan terinstal degan otomatis.

Selanjutnya, Anda harus mengatur panel pada CMS Joomla menuju halaman admin. Setelah itu, akan muncul kotak untuk Login. Kemudian Anda tinggal memasukan username beserta password untuk login. Jika memang username beserta passwordnya telah sesuai, maka anda masuk menuju bagian halaman admin.

Nah, dengan demikian website Joomla Anda kini sudah aktif tinggal Anda mengaturnya saja dan langsung membuat website pendidikan yang Anda inginkan. Jika semua template telah Anda tentukan, kini saatnya Anda merancang berbagai macam informasi ataupun data yang dibutuhkan untuk membuat web pendidikan tersebut.

Pertama-tama, Anda harus membuat menu terlebih dahulu dengan beberapa ikon seperti profil, fasilitas, visi dan misi dan lain sebagainya.

Anda bisa mengatur template pada website pendidikan yang telah Anda buat di Joomla, dengan cara menuju bagian Menu structure di halaman admin. Jika sudah, selanjutnya ketik Menu Manager dan pilih Menus lalu pilih lagi New. Setelah itu, Anda tinggal memuat kategori yang akan Anda tampilkan pada website Anda. Selanjutnya, Anda cukup mengembangkan website sesuai kebutuhan Anda agar website lebih menarik dan profesional.

Author: 
    author

    Related Post

    Comments are closed.