Tutorial Cara Buat Website Gratis Sendiri

Cara buat website gratisBanyak orang yang kini memanfaatkan website untuk kebutuhan penjualan barang atau jasa, kebutuhan pribadi, perusahaan, organisasi dan lain sebagainya. Website sendiri saat ini sudah menjadi kebutuhan sebagian orang. Terutama orang-orang yang ingin mengembangkan bisnisnya hingga ke dunia maya.

Namun, tak sedikit orang mampu memahami cara membuat website sendiri secara gratis. Hal ini tentu harus diimbangi dengan pemahaman Anda mengenai website. Anda juga bisa melihat contoh website yang ada di internet.

Bagi Anda yang tertarik untuk membuat website sendiri, berikut ada beberapa langkah cara buat website gratis berikut ini :

• Siapkan software terlebih dahulu

Hal yang pertama kali Anda lakukan ketika akan membuat website adalah dengan menyiapkan aplikasi atau software untuk membuat website. Adapun salah satu software pembuat website yaitu WordPress CMS. Namanya juga membuat website gratis, tentu software ini juga bisa didapatkan secara Cuma-Cuma alias gratis. Jika sudah memiliki software tersebut, maka cukup menjalankannya saja di PC kesayangan Anda.

• Pertimbangkan tema website yang akan dibuat

Langkah selanjutnya adalah dengan mempertimbangkan konsep atau tema dari website yang Anda buat nanti. Dengan menentukan tema atau konsep di website ini, maka Anda cukup mendesain situs atau website dari wordpress melalui PC Anda.

• Pilih domain dan hosting gratis

Jika Anda sudah melakukan desain web, maka langkah berikutnya adalah cukup dengan menyiapkan dna memilih web domain berikut hosting gratis yang akan Anda terapkan di website milik Anda. Bagi Anda yang belum mengetahui kedua istilah ini, kami akan berikan sedikit penjelasan mengenai web hosting dan juga domain.

Domain merupakan nama dari alamat website milik Anda agar dapat dikunjungi dan diakses oleh setiap orang. Sedangkan web hosting sendiri memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan file-file yang ada di website. Sehingga, jika Anda telah memiliki domain dan web hosting langkah selanjutnya cukup dengan mentransfer file dari localhost komputer Anda ke web hosting.

• Trial and error

Di sini Anda diharuskan untuk melakukan percobaan terhadap website yang telah Anda buat terlebih dahulu. Dimana Anda cukup melakukan beberapa tes pada website Anda setelah Anda simpan di bagian web hosting. Sebaiknya cek setiap halaman yang ada di website Anda tersebut. Apakah ada beberapa kesalahan atau error yang terdapat pada website Anda ataukah tidak. Sehingga sebelum nantinya Anda melakukan publish web tidak terjadi error atau kesalahan yang bisa memperburuk citra web Anda.

• Kini saatnya promosikan situs yang telah dibuat

Tahap akhir dari pembuatan website adalah mempromosikan website atau situs yang telah Anda buat. Anda bisa mulai melakukan publish website Anda dengan cara memposting artikel di web sendiri dengan menyebutkan link menuju website Anda, ataupun memberikan komentar terhadap postingan di website orang lain dan ikut mempromosikan link website yang dimiliki. Selain itu, Anda juga bisa mempublikasikannya melalui media sosial, seperti facebook, twitter, dan lain sebagainya.

Jika Anda sudah memiliki website, Anda tinggal mencari cara bagaimana agar website Anda banyak dikenal orang. Selain itu, Anda juga bisa melakukan upgrade website Anda dengan cara menulis banyak artikel yang informatif atau yang dibutuhkan oleh orang lain. Agar website Anda dikenal oleh mesin pencari google, maka Anda juga harus mengetahui dan memahami teknik SEO agar situs Anda mudah dikunjungi oleh orang banyak. Nah, demikianlah tips tutorial cara buat website gratis sendiri untuk Anda coba!

Author: 
    author

    Related Post

    Comments are closed.